Senin, 06 September 2010

ARINI KURNIAWATI K7109034

LOG Pertama 25 Agustus 2010

Membahas tentang Inovasi Pembelajaran dan buku buku atau referensi yang digunakan dalam mata kuliah Inovasi Pembelajaran.


LOG Kedua 31 Agustus 2010

Membahas tentang kontrak kuliah mengenai silabus yang akan digunakan dalam 1 semester kedepan.


LOG Ketiga 31Agustus 2010

Menonton dan menganalisis Film 3 idiots yang berkaitan dengan pembelajaran dan implikasinya dalam pembelajaran



ANALISIS FILM 3 IDIOTS


1. Nilai Utama yang terkandung dalam film

Kalau nilai dan kelulusan bukanlah tujuan utama dalam suatu pendidikan. Tapi yang lebih penting adalah mencapai mimpi yang kita impikan. Dan, biarkan seseorang memilih jalannya sendiri untuk meraih kesuksesannya. Janganlah menghambat mimpi-mimpi seseorang!


2. Implikasi dalam pembelajaran

a. Hidup adalah perlombaan, jika dalam belajar kita tidak cepat maka akan terinjak-ijak. Jadi sebagai pelajar kita harus mampu bersaiang untuk meraih cita-cita kita.

b. Mendobrak segala bentuk kekakuan dalam belajar. jika kita mau belajar, mengerti dan pahami konsepnya, jangan sekedar menghafal dari buku saja.Jadi, besuk kalu ada pesera didik kita yang mendobrak bentuk kekakuan belajar kiat,hendaknya kita terima dan instropeksi diri dalam belajar.

c. Berpikir positif dan berjiwa besar. Dengan ALL IS WELL,bukan berarti semua masalah akan selesai, tetapi paling tidak kita bisa punya keberanian untuk bertahan sekaligus menghadapi resiko yang terburuk. Janganlah menjadi pengecut. Belajar itu bukan sekedar untuk meraih kesuksesan, tetapi untuk membersarkan jiwa. Jika kita sudah belajar dan mampu menjadi orang besar, maka kesuksesan akan menghampiri kita

d. Jangan jadi orang egois. Jangan hanya sekedar mengejar impian diri sendiri, tapi juga bantulah orang lain.

e. Pembelajaran dalam kelas tidak hanya terpaku pada buku sumber belajar saja, tetapi juga peserta didik diberi kebebasan untuk mencari sumber belajar yang lain yang berhubungan dengan mata pelajaran tersebut.

f. Belajar bukan hanya untuk mencari ijazah atau sekadar mencari nilai, akan tetapi untuk mencari ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya atau menyampaikan ilmu yang bermanfaat kepada peserta didk kiat nanti.

g. Orang tua yang kolot, yang merasa mengerti bagaimana membuat anaknya bahagia dengan cara memilihkan jalan hidup anaknya. Padahal belum tentu jalan yang dipilihkan itu disukai oleh anaknya

h. Jadilah apa yang kau inginkan dan lakukan apa yang kau sukai, temukanlah cara agar apa yang kau sukai mampu memberikan manfaat untuk orang disekitar anda. Karena, sebaik-baiknya ilmu adalah mengamalkannya. jangan cuma mengejar impian sendiri, bantu orang lain mewujudkan impiannya.

i Belajar itu dilakukan dengan hati, bakat, dan kemampuan, sehingga kelak dapat sukses dan bukan paksaan dari orang tua.

j. Dapat menggunakan atau memanfaatkan teknologi yang ada guna mendukung aktivitas belajar.


3 Kejelekan dalam film

a. Bisa menghafal pelajaran atau bacaan yang sebayak mungkin, tapi tidak mengetahui dan mengerti apa isi dari bacaan itu.

b. Terlalu cepat menyimpulkan sesuatu.

c. Menunda sesuatu karena hal yang lain yang begitu kurang penting.

d. ada mabuk-mabukan, ada adegan ciumannya(belum nikah udah ciuman ), sama tradisi nunjukin celana dalemnya.

e. Orang tua yang selalu memaksakan kehendak anak-anaknya.

f. Rektor yang sombong, otoriter.

g. Mudah putus asa karena tertekan, penyelesaiannya langsung dengan bunuh diri.

h. Kecurangan saat ujian yaitu mencuri soal ujian.

i. Proses pembelajara masih menggunakan teknik menghafal sumber buku,bukan dengan memahami dan dimengerti.

j. Meggunakan wewenagannya dalam hal yang tidak tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar